Rabu, 13 Juni 2012

Tentang Peminta-Minta

Apa yang kalian rasakan kalo liat kejadian dibawah ini?
Kasihan kah?? Akankah loe kasih mereka sedikit dari apa yang loe punya??







Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَا زَالَ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ، حَتَّى يَأْتِيَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِيْ وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ.

"Seseorang senantiasa meminta-minta kepada orang lain sehingga ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya".[1]

Hadits Kedua
Diriwayatkan dari Hubsyi bin Junaadah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ سَأَلَ مِنْ غَيْرِ فَقْرٍ فَكَأَنَّمَا يَأْكُلُ الْجَمْرَ.

"Barang siapa meminta-minta kepada orang lain tanpa adanya kebutuhan, maka seolah-olah ia memakan bara api" [2].

Mungkin sebagian dari kita iba kalo liat orang minta-minta dijalan,apalagi kalo udah cacat,tua,atau bawa anak. Gue orang islam dan mungkin kebanyakan orang islam tau kalo sebagian harta kita itu ya bagian dari orang miskin. Tapi coba kita liat di dalam kehidupan Indonesia dan bandingkan dengan 2 hadist diatas.

Di Indonesia pemikiran orang2 miskin kebanyakan,selama mereka bisa dapet uang gimana caranyapun dia bakal terus lakuin. Dan ini yang bisa jadi masalah serius kalo dihubungkan dengan hadist diatas. Sebenernya kalo gue sendiri kalo ada pengemis sebaiknya gak usah dikasih,cz kadang itu bisa ndidik mereka buat jadi punya mental pengemis yang suka minta-minta. Kalo emang loe pengin sedekah,kasihlah ke badan amil zakat/yayasan yatim piatu kek gitu malah jalan yang bener kita buat sarana saling berbagi.

Yang jelas,jangan didik bangsa ini jadi bangsa yang punya mental suka minta-minta. Walaupun mungkin iba atau kasihan, ya itu harus kita lawan cz itu juga buat kebaikan bersama.

Tidak ada komentar: