Kamis, 12 April 2012

Kecenderungan Menyalahkan Keadaan



Terkadang kebanyakan orang menganggap apa yang ada disekelilingnya lah yang membuatnya merasa tidak diuntungkan, mungkin juga orang lain yang mereka salahkan akibat apa yang dia alami sekarang, keadaan yang selalu tidak menguntungkan, dsb. Tapi apakah sempat terpikirkan "apakah yang telah saya lakukan sehingga terjadi keadaan atau situasi yang tidak menguntungkan saya seperti ini?".

Gue terkadang memang mikir kyk gni,jujur aja lah,sering gue ngrasa iri sama temen2 lain yg bisa dapetin lebih dari apa yang gue punya saat ini. Kalo udah ngarasa gitu gue pasti diem & ngrasain dada tuh sesek bgt. Tapi gak lama, gue mikir kalo setiap orang pasti punya jalannya sendiri2, punya garis tangan yang beda2, dan apa yang gue alami pasti ada sebabnya dari diri gue sendiri tentunya. Gak adil juga kan kalo misal mereka dapet lebih terus kita iri, apa yang mereka dapat tentunya berasal dari apa yang mereka upayakan. Toh kalo terus2n nyalahin semua juga gak bakal nyelesein masalah kalo g koreksi dari diri sendiri.

Mungkin ini udah biasa ya buat motivasi banyak orang ketika down dan terkadang sulit menerima keadaan, tapi sebagaimana pun motivasi itu diberikan juga kalo penerapan dari diri sendiri kurang,semua bakal percuma.

Tidak ada komentar: